Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

            Penjaminan Mutu

Bagaimanakah pelaksanaan penjaminan mutu pada Program Studi? Jelaskan.

 

Sistem penjaminan dan pengendalian mutu pada Program Studi S1-Akuntansi sebagai bagian dari Fakultas Ekonomi Unham terletak pada kualitas sumberdaya manusia dan pengelolaan organisasi, terutama fungsi kontrol yang dijalankan oleh Senat Fakultas. Oleh karena itu, Rapat Senat Fakultas pada setiap semester merupakan upaya evaluasi dan pengendalian penyelenggaraan pendidikan tinggi khususnya pada Program Studi  S1- Akuntansi. Setiap peraturan akademik merupakan sasaran utama evaluasi dan pengendalian mutu. Untuk mengetahui suatu sistem pembelajaran berlangsung dengan baik, maka digunakan media absensi yang diawasi langsung oleh Wakil Dekan I atau yang dihunjuknya, selain itu digunakan sanksi-sanksi administratif dan sanksi akademik terhadap pelanggaran yang terjadi.

Di tingkat universitas badan yang bertugas membantu Rektor dalam pelaksanaan proses penjaminan mutu adalah Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas dan di tingkat Fakultas yang bertugas membantu Dekan dalam pelaksanaan proses penjaminan mutu disebut P3M (Pusat Penjaminan dan Pengendalian Mutu) yang ditetapkan dengan SK Dekan Nomor 040 / D – FE / AK / IV / 2015

1.    Pengelolaan mutu secara internal :

Pada tingkat Program Studi S1-Akuntansi misalnya adalah melalui kajian kurikulum, monitoring dan mekanisme belajar bagi mahasiswa, dosen dan penguji ekternal. Pengelolaan mutu secara internal dilakukan melalui evaluasi kurikulum berdasarkan kebutuhan. Evaluasi terakhir dilakukan pada tahun 2015 dengan perubahan antara lain : Pengkodean dan Pengelompokan Mata Kuliah, Penyesuaian besaran kredit/beban studi per mata kuliah dan total kredit/beban studi  prodi, Penyesuaian jumlah mata kuliah, Penyesuaian lama studi prodi, dan Penyesuaian materi mata kuliah dan praktikum ( SILABUS, SAP/RPS ). Guna mewujudkan sistem manajemen mutu khususnya pada Program Studi S1-Akuntansi, dan mengingat ketentuan mengenai prinsip pertanggung-jawaban Ketua Program Studi atas penyelenggaraan kegiatan Program Studi, telah dibentuk Lembaga Penjaminan Mutu Internal ( LPMI ) pada tingkat Universitas yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor, dan Pusat Penjaminan dan Pengendalian Mutu ( P3M ) pada tingkat Fakultas yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan, yang juga melakukan kegiatan penjaminan dan pengendalian mutu pada tingkat jurusan/ program studi di fakultas, dengan tugas – tugas dan fungsi merumuskan sistem dan mekanisme jaminan mutu internal ( terkait dengan manual mutu dan dokumen mutu ), sistem dan mekanisme monitoring dan evaluasi internal, serta sistem dan mekanisme audit internal pada tingkat fakultas dan universitas, yang dikemas dalam Standar Operasional dan Prosedur berbagai kegiatan akademik, administrasi dan kemahasiswaan. Proses pengawasan dan pengendalian mutu internal pada tingkat program studi menjadi lebih terkoordinasi dan terlaksana dengan baik.

Dalam memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di tingkat Fakultas, tim P3M berpijak pada dokumen akademik Fakultas terdiri dari ; 1). Kebijakan Akademik, 2). Standar Akademik, 3). Peraturan Akademik, 4). Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur.

Dokumen akademik ini menjadi pedoman dalam menyusun dokumen akademik di tingkat Program Studi seperti ; 1). Spesifikasi Program Studi, 2). Kompetensi Lulusan Program Studi, 3). Kurikulum dan Peta Kurikulum Program Studi, 4). SOP (standard operational procedure) pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

 

2.    Pengelolaan mutu secara eksternal :

Penjaminan mutu secara eksternal dilaksanakan setiap 5 ( lima ) tahun sekali atau dianggap perlu melalui kewajiban Akreditasi Program Studi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT ), dimana dimulai dengan penyusunan evaluasi diri, borang prodi dan borang fakultas. Penjaminan mutu eksternal terakhir oleh BAN-PT pada Prodi S1-Akuntansi Universitas Amir Hamzah dilaksanakan pada tahun 2013.

.

 

a.    BAN PT Nomor 044/BAN-PT/Ak-XV/S1/II/2013 tanggal 07 Februari 2013 yang berlaku sampai dengan  Februari 2018. Oleh karena hal tersebutlah, serta berdasarkan ketentuan BAN-PT yang berlaku, maka borang ini disusun kembali untuk proses Re-Akreditasi Kedua Prodi S1-Akuntansi Universitas Amir Hamzah pada Tahun 2017 ini, sebelum habis masa berlakunya.

b.      Setiap tahun pada akhir tahun kalender/anggaran, penjaminan mutu eksternal juga dilakukan oleh Kopertis Wilayah I melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi Internal sebagai bentuk tugas pokok dan fungsi Kopertis Wilayah I dalam pengawasan, pengendalian perguruan tinggi dan di wilayah koordinasinya ( Provinsi Sumatera Utara ), melalui pengisian Borang Monev serta Visitasi Tim Monev Kopertis Wilayah I ke Universitas Amir Hamzah. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya menjamin mutu pembinaan penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi di Universitas Amir Hamzah, dengan perbaikan – perbaikan yang dilakukan dalam rangkan implementasi rekomendasi atas hasil Monev yang dilakukan oleh Kopertis Wilayah I.

c.       Fakultas dan Program Studi juga mengundang Alumni maupun stakeholders untuk memberikan masukan maupun saran terhadap kurikulum, perkembangan Fakultas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.