Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Struktur Organisasi, Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas

Gambarkan struktur organisasi  Fakultas serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada.

  1. Bagan Struktur Organisasi FE UNHAM

  1. Tugas Pokok dan Fungsi :
  2. Pimpinan Fakultas Ekonomi UNHAM :
    1. Dekan : Dekan memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, membina dan mengelola tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi tingkat Fakultas yang bertanggung jawab kepada Rektor.
    2. Wakil Dekan I Bidang Akademik & Penjaminan Mutu: a) Membantu Dekan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, b) Membantu Dekan dalam hal administrasi dan informasi kegiatan akademis serta pelayanan terhadap  mahasiswa dan dosen dalam bidang akademis, c) bertanggung jawab dalam pengendalian mutu akademik seluruh unit kerja di fakultas, dan d) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya kepada Dekan.
    3. Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan : a) Membantu Dekan dalam pelaksanaan kegiatan dan pelayanan administrasi umum dan fisik : kepegawaian, tata usaha, rumah tangga, hukum dan tata laksana ruangan dan perlengkapan Fakultas, b) Membantu Dekan dalam pelaksanaan kegiatan dan pelayanan administrasi keuangan Fakultas, dan c) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya kepada Dekan.
    4. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan & Sistim Informasi : a) Membantu Dekan dalam pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan dengan pengembangan dan pembinaan keorganisasian, kreativitas, minat dan bakat mahasiswa serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa pada tingkat Fakultas, b) Membantu Dekan adalah hal administrasi, registrasi dan pendataan kemahasiswaan dan kegiatan mahasiswa, c) bertanggung jawab dalam pengelolaan pangkalan data dan sistim informasi Fakultas Ekonomi, d) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya kepada Dekan

 

  1. B. Senat Fakultas Ekonomi UNHAM ( Guru Besar Fakultas ybs, Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi, dan Wakil Dosen ) :
  • Merumuskan kebijakan Akademik Fakultas Ekonomi Unham.
  • Merumuskan kebijakan penilaian akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen dilingkungan Fakultas Ekonomi Unham.
  • Merumuskan norma dan tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan Fakultas Ekonomi Unham.
  • Menilai pertanggungjawaban Pimpinan Fakultas Ekonomi Unham atas
  • pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Memberikan pertimbangan kepada Pimpinan Universitas mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Pimpinan Fakultas.

 

  1. Ketua Jurusan / Program Studi Manajemen dan Akuntansi :
  • Membantu Wakil Dekan I Bidang Akademik dalam pelaksanaan unit akademik dan atau professional suatu cabang ilmu pengetahuan bidang Ekonomi ( jurusan / program studi Manajemen dan Akuntansi ).
  • Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada mahasiswa dalam bidang akademik kepada para mahasiswa setiap memasuki semester baru dan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya.
  • Mengelola, membina dan melayani kelompok Dosen dan mahasiswa dari Program Studi S1- Manajemen atau Akuntansi Fakultas Ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan akademik.
  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya kepada Dekan.

 

 

  1. Dosen ( Tetap dan Tidak Tetap )
  • Tugas utama melaksanakan : Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat
  • Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.
  • Memiliki kwalifikasi sebagai Dosen sesuai dengan ketentuan perundang – undangan dan peraturan yang berlaku.
  • Mempunyai moral dan integrasi yang tinggi.
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Berwawasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 

 

  1. Dosen Penasehat Akademik
  • Memberikan petunjuk kepada mahasiswa tentang system kredit yang telah dikelola oleh Fakultas Ekonomi UNHAM Medan.
  • Memperhatikan mahasiswa dalam menentukan rencana studinya, memberikan alternatif pemilihan bagi mahasiswa mengenai mata kuliah yang akan diambil untuk tiap-tiap semester yang akan ditempuh.
  • Memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang mata kuliah dan persyaratannya.
  • Memberikan bimbingan kepada mahasiswa tentang banyaknya satuan kredit yang akan diambil.
  • Memberikan petimbangan terhadap perubahan / persyaratan program studi dan bimbingannya kepada Kartu Rencana studi.
  • Mengikuti perkembangan studi mahasiswa agar belajar dengan teratur dan bertanggung jawab.
  • Memberikan pengarahan dalam mengikuti penelitian mengenai tatap muka.
  • Mengetahui indeks prestasi (IP) dengan melihat hasil yang diperoleh pada semester yang telah ditempuh.
  • Mengikuti perkembangan mahasiswa melalui catatan-catatan yang disimpan di bagian administrasi.
  • Membantu mengatasi masalah yang langsung berhubungan dengan studi mahasiswa.
  • Membantu perkembangan akademik studi mahasiswa untuk disampaikan kepada orang tua / walinya.

 

  1. Pusat Penjaminan dan Pengendalian Mutu ( P3M ) FE Unham
  • Merumuskan sistem dan mekanisme jaminan mutu internal ( terkait dengan manual mutu dan dokumen mutu ),
  • Merumuskan sistem dan mekanisme monitoring dan evaluasi internal, serta sistem dan mekanisme audit akademik internal,
  • Menyusun Standar Operasional dan Prosedur berbagai kegiatan akademik dan yang mendukung kegiatan akademik.
  • Melaksanakan proses verifikasi dan validasi data dan informasi mutu
  • Melaksanakan proses pengendalian mutu fakultas

 

  1. Unsur Pelaksana Administrasi Fakultas :
  • Staf Bagian Akademik dan Kemahasiswaan :
    • Membantu pelaksanaan tugas – tugas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi.
    • Melayani kegiatan administrasi akademik, kemahasiswaan dan pangkalan data dan informasi Fakultas Ekonomi.
  • Bagian Tata Usaha :
    • Membantu pelaksanaan tugas – tugas Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi.
    • Memberikan pelayanan administrasi umum ( kepegawaian, arsiparis, perlengkapan dan kerumahtanggaan ) dan keuangan Fakultas Ekonomi

 

2.2.   Kepemimpinan

Jelaskan pola kepemimpinan dalam Fakultas

Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.

Dekan memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta membina civitas akademika di lingkungan Fakultas dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor universitas Amir Hamzah.. Dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari,  Dekan dibantu oleh para Wakil  Dekan dan unsur-unsur pelaksana fakultas lainnya. Dekan dibantu Wakil Dekan I dalam pelaksanaan tugasnya berkoordinasi dengan Wakil Rektor I dalam bidang akademik. Dekan dibantu Wakil Dekan II dalam pelaksanaan tugasnya berkoordinasi dengan Wakil Rektor II dalam bidang kepersonaliaan, keuangan dan umum. Dekan dibantu Wakil Dekan III dalam pelaksanaan tugasnya berkoordinasi dengan Wakil Rektor III dalam bidang kemahasiswaan. Secara periodik Rektor bersama-sama dengan Wakil Rektor I, II dan III serta Dekan membahas tentang pelaksanaan kegiatan akademis, kepersonaliaan, keuangan, umum, kemahasiswaan apakah sudah sesuai dengan tujuan dan misi pendidikan tinggi, serta membahas tentang kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, agar segera dapat dicari solusinya.

Program Studi adalah unsur pelaksana fakultas dalam bidang studi tertentu yang berada di bawah dekan. Program studi mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan program pendidikan  yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Program Studi dipimpin oleh seorang  Ketua  yang dipilih dari dan diantara Dosen Tetap, yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan.

 

  • Sistem Pengelolaan

Jelaskan sistem pengelolaan Fakultas serta ketersediaan Renstra dan Renop.

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal. Pengelolaan lembaga Fakultas pada prinsipnya dilakukan secara kolegial atau kemitraan / kordinasi. Struktur organisasi yang hierarkis sebenarnya ditujukan untuk menunjukkan derajat tanggungjawab terhadap seluruh kegiatan program studi dan keberlangsungan kegiatan operasional tersebut tidak ditekankan pada garis komando, tetapi lebih pada proses konsultasi, perumusan kebijakan secara bersama dan proses kemitraan / kordinasi. Oleh karena itu, kesadaran individual tentang Tri Darma Perguruan Tinggi merupakan mesin utama yang harus dimiliki dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa pengabdian yang besar oleh seluruh civitas akademika. Fakultas, tentunya dalam rangka perencanaan dan pengembangannya tidak dapat merumuskan secara sepihak, tanpa melalui proses konsultasi dan kemitraan dan kordinasi dengan pihak Senat Fakultas. Pengelolaan lembaga Fakultas didasarkan pada   Rencana Strategis dan Rencana Operasional Fakultas Ekonomi UNHAM, yang merupakan hasil yang diperoleh dari langkah kemitraan dan koordinasi tersebut diatas, serta STATUTA UNHAM dan SK Rektor tentang Peraturan Akademik Universitas Amir Hamzah dan SK Yayasan tentang Tata Kelola dan Organisasi di UNHAM, termasuk didalamnya adalah Tata Kelola dan Organisasi Fakultas Ekonomi.

 

Pengelolaan Fakultas mencakup perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta perbaikan.

 

Perencanaan (Planning)

Pimpinan fakultas dan program studi melakukan perencanaan program dan kegiatan berdasarkan Renstra dan Renop serta membuat Rencana Anggaran Belanja Tahunan berdasarkan program kerja Fakultas dan Program Studi yang telah ditetapkan oleh Universitas.

 

Pelaksanaan (Actuating).

Prinsip dasar yang dipegang oleh Fakultas dalam melakukan pengelolaan fungsional dan operasional adalah adanya pembagian tugas dan pendelegasian kewenangan (organizing) serta mampu menetapkan personil (Staffing) dan arahan (commanding) yang sesuai dengan bidang tugasnya sehingga  tercapai tujuan secara efektif dan efisien.

Untuk kegiatan rutin, maka dasar pengelolaan atau pelaksanaan program telah disusun berdasarkan SOP  antara lain ; kegiatan pelayanan kepada mahasiswa, penerimaan mahasiswa (Akademik maupun Non Akademik), SOP pengisian KRS, KHS, SOP Ujian Tengah dan Akhir Semester.

 

Monitoring, Evaluasi dan Perbaikan

Sistem Monitoring dan Evaluasi serta perbaikan dilakukan oleh pimpinan fakultas bersama perangkatnya untuk melihat pelaksanaan dari perencanaan program yang didasarkan pada Renstra dan Renop, apabila diperlukan maka akan diadakan perbaikan. Antara lain ;

  1. Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan perkuliahan
  2. Monitoring dan Evaluasi Kinerja Dosen
  3. Monitoring dan Evaluasi Kinerja tenaga kependidikan
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.